Selasa, 29 Januari 2013

Mobil Kiat Esemka, Kreatifitas Sukiat Warga Klaten

Sukiat dan Mobil Kiat Esemka

Di awal tahun 2012 media diramaikan dengan berita mobil kiat esemka yang merupakan mobil buatan anak SMK di Solo atas panduan dan binaan dari Sukiat seorang warga Kradenan, Trucuk, Klaten yang juga seorang pemilik bengkel bernama Kiat Motor Klaten di Jalan Solo-Yogya, tepatnya di Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten.
Mobil Kiat Esemka mulai membooming setelah digunakan oleh Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) sebagai mobil dinas, dan hingga saat ini setidaknya sudah puluhan ribu pesanan masuk dari seluruh Indonesia.
Kiat sukses warga Trucuk, Klaten itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, siapa sangka Sukiat pernah menjadi tukang tambal ban di tahun 1974, profesi tersebut ia jalani selama satu tahun. Pada tahun 1977 Sukiat merintis bengkel dengan modal awal Rp.75.000,- di kampung halamannya Kradenan, Trucuk, Klaten.
Awalnya bengkel miliknya hanya melayani perbaikan kendaraan dan sepeda onthel, namun Sukiyat memunyai tiga prinsip yang masih dipegangnya hingga saat ini yaitu Nirokne, Niteni, Nambahi (3N) atau dalam bahasa Indonesia berarti Meniru, Mengamati, Menambahkan, dengan prinsip itulah Sukiat mulai belajar secara otodidak membuat bodi kendaraan.
Dengan keahlian yang dimiliki Sukiat kini sudah mendesain belasan jenis kendaraan roda empat diantaranya jenis Sport Utility Vehicle (SUV), pikap double cabin, pikap single cabin dan sebagainya. Mobil rancangannya ia rakit dengan siswa SMK dengan persentase bahan 80% lokal dan 20% import.
Saat ini Mobil Kiat Esemka tengah diproduksi dengan melibatkan lebih dari 20 SMK di Indonesia, salah satu SMK di Klaten yang dilibatkan adalah SMK N 1 Trucuk. Bupati Klaten Sunarna juga telah memesan satu unit mobil jenis SUV kepada Kiat Motor Klaten.
Berdasarkan info dari Yahoo News, para politisi, menteri dan pengusaha ikut memesan mobil yang menurut sejumlah kalangan masih butuh standarisasi itu. Terhitung mulai Ketua DPR RI Marzuki Alie, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Anggota DPR Roy Suryo, Guruh Soekarnoputra, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo dan Aria Bima dikabarkan ikut memesan.
Tidak ketinggalan juga dari kalangan pelawak Ginanjar dan sutradara Garin Nugroho turut tertarik memesan, disusul penyanyi Afgan Syah Reza.
Dengan memboomingnya mobil Kiat Esemka ini diharapkan mampu memotivasi para pelajar untuk lebih giat belajar dan mendalami keahlian yang dimikili, dan diharapkan produk-produk lokal dapat mulai dicintai masyarakat.

Sumber : http://www.klaten.info/berita/mobil-kiat-esemka-kreatifitas-sukiat-warga-klaten.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar