Selasa, 29 Januari 2013

BPBD Kabupaten Klaten Memperbaiki Jalan Pasar Kembang – Dompol Kemalang

Kemalang – Perbaikan jalan dari pasar Kembang hingga desa Dompol, kecamatan Kemalang dilakukan karena jalan ini merupakan jalur evakuasi  apabila terjadi bencana erupsi Merapi. Sebenarnya pasca erupsi dulu jalan ini sudah di perbaiki atas bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup tetapi cepat rusak karena banyaknya truk pengangkut galian C yang sebagian besar melampaui kapasitasnya, demikian dijelaskan kepala Desa Keputran. Salah seorang warga Dompol, Sugeng yang setiap hari melewati jalan ini mengaku senang dengan kegiatan perbaikan ini, sebab akan merasa nyaman dan tidak merusakkan onderdil kendaraan, katanya.
Pernyataan senada juga pernah disampaikan Bupati Klaten Sunarna ketika menghadiri acara Kemalang Bersholawat bersama Habib Syech dilapangan Keputran (28/11/2012) “Kemalang memang merupakan kecamatan yang paling boros dalam penggunaan anggaran perbaikan jalan, karena volume dan frekuensi truk pengangkut galian C luar biasa tinggi..” dan Bupati menghimbau pada sopir truk pengangkut  hasil galian C tidak over tonase, agar jalan dan jembatan dapat digunakan dengan awet .
Kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana erupsi Merapi ini menggunakan dana Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2011, yang diluncurkan pada tahun anggaran 2012 dilaksanakan oleh CV Lina Sari. Berdasarkan kontrak  kerja antara BPBD Klaten dengan Penyedia  Jasa  CV Lina Sari (Tegalmojo, Kingkang, Wonosari, Klaten), nomor 027/566/30/VIII/2012, tanggal 30 Agustus 2012, dengan total  dana sebesar Rp 1.658.000.000,00 (satu milyar enam ratus lima puluh delapan juta rupiah)  dan durasi pelaksanaan kegiatan selama 90 hari kalender. Sembilan puluh hari kalender pelaksanaan kegiatan terhitung sejak tanggal 3 September 2012 sampai dengan  1 Desember 2012. Dalam pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan ini juga melibatkan konsultan pengawas, yakni CV Prima Desain, yang beralamat di Komplek Semawis, Jalan Semawis Raya A-16, Kedungmundu, Semarang.
Masyarakat pengguna jalan pasar Kembang – Dompol berharap agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang tertuang dalam kontrak dan masa pemeliharaan setelah proyek diserahterimakan betul-betul dimanfaatkan  dengan  baik dan benar, serta  konsultan pengawas dapat bekerja secara optimal  dan professional, agar hasil perbaikan jalan yang vital ini berhasil dengan nilai bagus. (www.klaten.info)
Oleh   : Kiswanto

Sumber : http://www.klaten.info/berita/bpbd-kabupaten-klaten-memperbaiki-jalan-pasar-kembang-dompol-kemalang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar