Kamis, 02 Agustus 2012

Sabar

Seperti pada postingan sebelumnya, untuk kali ini saya akan menuliskan kata-kata bijak yg juga masih ada hubungannya dengan pencarian jati diri manusia atau memayu hayuning pribadi.

Baiklah mari kita lanjutkan saja blajar boso Jowo kita kali ini. Simak baik-baik kalimat berikut ya :

"Sabar iku ingaran mustikaning laku, jumbuh karo unine bebasan, "sabar iku kuncining swarga," ateges marganing kamulyan.
Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip, nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep. Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki."


Silakan buka Spoiler ini untuk melihat penjelasannya,

sabar iku ingaran mustikaning laku ----> bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan

jumbuh karo unine bebasan, "sabar iku kuncining swarga," ateges marganing kamulyan ----> sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah "jalan utama" untuk mendapatkan "surga"
yg dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan

sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip ----> sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing

nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep ----> akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan

suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki ---> justru sebaliknya kita harus menjalaninya dengan penuh pengharapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yg ada di dunia ini.
Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan


Nah... sahabatku semua, demikian tadi sedikit pembahasan mengenai kata-kata bijak dalam versi bahasa Jawa kita kali ini, yg intinya mengajak kita semua untuk lebih mengedepankan kesabaran dalam menjalani hidup ini.

Dan untuk kata-kata yg lain silakan tunggu nanti di postingan berikutnya ya...

Monggo... kersane luwih njawani, engkang saget boso Jowo, kulo aturi komentar ngagem boso Jowo kemawon.

sumber : http://www.ikutikutan.com/2010/02/blajar-boso-jowo-yuk-kata-mutiara-02.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar