Kamis, 02 Agustus 2012

Kaluhuraning Gusti Kang Maha Agung

Rasanya sudah lama sekali saya ndak mengisi blog ini dengan artikel bahasa Jawa yg memang sudah saya jadikan sebagai ciri khas dari Be A Great Person. Makanya kali ini saya akan menuliskan sepenggal kalimat dalam Bahasa Jawa yg tentu saja lengkap dengan terjemahannya sekalian, dengan harapan, tulisan ini nantinya mampu membuat kita (sebagai orang Jawa) semakin mencintai (nguri-uri) budayanya sendiri, dan juga (sebagai orang Indonesia) semakin ingin menambah wawasan tentang keaneka-ragaman budaya yg ada di tanah air tercinta ini.

Coba simak kalimat berikut ini baik-baik :


Yen pinuju wayah wengi langite terang banjur tumengaa ing tawang.
Kita bakal nyipati saperangane gelaring alam.
Abyoring langit kang sumilak sinebaran lintang-lintang pating krelip.
Gedhe cilik kaya wis sengadi tinata panggonane.
Angin sumilir ngobahake kekayonan lan gegodhongan kang ngandhut aruming gandane kekembangan.
Sing kaya mangkono kuwi sayekti bisa nuwuhake rasa pangrasa tentrem ing ati kita.
Nanging luwih saka iku, apa sing kaya mangkono mau ora ngosikake kita tumrap Kaluhuraning Gusti Kang Maha Agung kang wus mranata sakabehing mau??



Terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini :

Ketika malam telah datang kemudian kita melihat ka angkasa yang terang (terang yg dimaksud disini adalah terang karena bintang). Kita akan melihat sepenggal dari penampakan alam. Gemerlap langit yang diterangi oleh banyaknya bintang bintang yang berkerlip. (Bintang) besar (dan) (bintang) kecil seperti sudah tertata rapi ditempatnya. Angin yg berhembus sepoi-sepoi menggerakkan pepohonan dan dedaunan yang membawa aroma wangi berbagai macam bunga. Hal seperti itulah sebenarnya yang bisa menimbulkan sebuah rasa perasaan yang tentram di dalam bathin kita. Bukan hanya itu, apakah hal tersebut masih belum juga mampu untuk membuat kita sadar akan Kemuliaan Tuhan Yang Maha Agung yang sudah menata segalanya??

hmmmmmmmmmmmm........ mari kita coba renungkan.
sumber : http://www.ikutikutan.com/2011/07/belajar-bahasa-jawa-kaluhuraning-gusti.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar